Mengenal Lebih Jauh tentang Musik Tradisional

Seni, ada beberapa jenis seni di dunia ini seperti seni rupa, seni tari, seni, drama, seni sastra dan yang paling banyak diketahui oleh orang-orang adalah seni musik. Seni musik sendiri ada musik tradisional dan musik non tradisional. Tapi, yang akan kita bahas di sini adalah musik tradisional. Hal itu karena banyaknya musik tradisional serta alat musiknya yang ada di Indonesia maupun di dunia.

Definisi dari Musik Tradisional 

Pengertian dari musik tradisional adalah musik yang hidup dalam masyarakat yang secara turun temurun. Musik tradisional bersumber dari dan terpengaruhi tradisi, adat dan budaya masyarakat tertentu. Biasanya musik tradisional ini menjadi milik bersama karena sering tidak diketahui kapan tahun terciptanya serta siapa pencipta.

Seni musik tradisional memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi pembeda antara musik ini dengan musik lainnya. Ciri khas dari seni musik satu ini seperti tidak memiliki notasi, sifatnya informal, dipelajari secara lisan, memiliki syair lagu yang berbahasa daerah, lebih banyak melibatkan alat musik tradisional, permainannya tidak terspesialisasi, serta bagian dari masyarakat. Selain itu, musik tradisional memiliki beberapa fungsi yang tidak beda jauh dengan musik lainnya yaitu sebagai sarana hiburan, sebagai alat komunikasi, sebagai pengiring tarian, untuk sarana adat dan budaya, untuk sarana ekonomi dan sarana pengembangan diri.

Macam-Macam Alat Musik Tradisional di Indonesia

Indonesia memiliki banyak alat musik tradisional. Hal ini karena Indonesia memiliki banyak kebudayaan, bahkan hampir setiap daerahnya memiliki kebudayaan sendiri. Nah, berikut adalah beberapa alat musik tradisional yang ada di Indonesia.

  1. Aramba

Alat musik satu ini merupakan alat musik tradisional bersumber dari atau yang berasal dari Sumatera Utara yang memiliki jenis bunyi ideofon. Cara memainkannya adalah dipukul dengan pemukul khusus.

  1. Saluang

Saluang merupakan alat musik tradisional yang asalnya dari Sumatera Barat. Alat musik cara memainkannya dengan ditiup dan jenis bunyinya adalah aerofon.

  1. Gambus

Alat musik tradisional satu ini ada yang berasal dari Jambi dan ada yang berasal dari Riau. Cara memainkannya sama yaitu dipetik. Lalu untuk jenis bunyinya adalah kardofon.

  1. Doll

Doll berasal dari Bengkulu. Merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya dipukul dengan pemukul khusus. Sementara untuk jenis bunyinya adalah membranofon.

  1. Bende

Alat musik ini berasal dari daerah Lampung. Cara memainkannya adalah dengan dipukul menggunakan pemukul khusus. Untuk jenis bunyinya sendiri adalah ideofon.

  1. Gendang Melayu

Memiliki jenis bunyi membranofon dan cara memainkannya ditepuk dengan telapak tangan, alat musik tradisional satu ini berasal dari Kepulauan Bangka Belitung.

  1. Cenggeng

Berasal dari Bali, alat musik tradisional ini merupakan alat musik yang memiliki jenis bunyi ideofon, serta cara memainkannya adalah ditepuk.

  1. Tehyan

Tehyan merupakan alat musik tradisional yang berasal dari DKI Jakarta. Cara memainkannya adalah dengan ditepuk dengan telapak tangan. Lalu jenis bunyinya adalah ideofon.

  1. Serunai

Alat musik tradisional ini berasal dari Nusa Tenggara Barat yang memiliki jenis bunyi aerofon dan cara memainkannya ditiup.

  1. Tuma

Tuma asalnya dari Kalimantan Barat. Jenis bunyinya adalah membranofon dan cara memainkannya adalah ditepuk dengan telapak tangan.

  1. Panting

Berasal dari Kalimantan Selatan, Panting merupakan alat musik tradisional yang memiliki jenis bunyi kordofon dan cara memainkannya dengan dipetik.

  1. Sampe

Sampe berasal dari Kalimantan Timur. Merupakan alat musik tradisional yang memiliki jenis bunyi kordofon, lalu cara memainkan dengan dipetik.

Alat Musik Tradisional Indonesia yang Sudah Dikenal di Dunia

Indonesia juga memiliki beberapa alat musik tradisional yang sudah dikenal di dunia. Nah, berikut ini adalah alat-alat musik tradisional tersebut:

  1. Serangko

Alat musik ini berasal dari Jambi dan terbuat dari tanduk kerbau. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan ditiup. Serangko sering digunakan untuk memberitahu warga jika ada musibah yang terjadi.

  1. Accordion

Accordion cara memainkannya adalah dengan ditiup dan memakai kedua tangan untuk mengatur alunan nada. Jenis bunyinya adalah aerofon serta berasal dari daerah Sumatera Selatan.

  1. Angklung

Alat musik satu ini merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Angklung adalah alat musik tradisional bersumber dari atau terbuat dari bambu, cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara menggoyangkannya. Angklung sendiri saat ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *