Apa yang Dimaksud dengan Musik Non Tradisional?

Seperti yang diketahui, musik yang ada di dunia ini memiliki banyak aliran atau genre. Aliran musik bahkan sering dibagi menjadi musik tradisional dan musik non tradisional. Tapi, setelah tadi membahas tentang musik tradisional, kini kita akan mengulas tentang musik non tradisional. Mari di simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian dari Musik Non Tradisional

Musik non tradisional sering disebut atau dikenal sebagai musik modern. Menurut pengertian musik non tradisional merupakan musik tradisi di daerah yang mendapat pengaruh dari musik asing dan menjadi musik yang lebih indah. Ciri-ciri dari musik ini adalah tidak terlahir atau berasal dari budaya masyarakat tertentu, menggunakan instrumen yang umum, luas dan banyak digunakan oleh para pemusik atau musisi, mempunyai beat yang konstan, komposisi serta gaya musiknya banyak dipengaruhi oleh banyak pengalaman musikal dari para pemusik atau musisi dari setiap masa, dan menggunakan tangga nada diatonik mayor dan minor.

Ada beberapa jenis aliran musik yang masuk ke musik non tradisional. Di bawah ini akan kami jelaskan sedikit tentang musik-musik tersebut. Nah, berikut adalah pembahasannya:

Beberapa Jenis Musik Non Tradisional

  1. Musik Dangdut

Jenis musik ini merupakan adaptasi dari musik melayu. Hingga kini musik ini berevolusi dan mendapatkan pengaruh dari unsur-unsur musik arab dan india pada harmonisasi dan cengkoknya. Tangga nada di musik ini cenderung minor.

  1. Musik Jazz

Pertama kali musik ini dikembangkan oleh orang-orang Afrika-Amerika, dan tempat asalnya adalah Amerika Serikat. Alat musik yang sering digunakan untuk musik ini adalah seperti bass, drum, gitar, piano, saxofon, terompet, dan trombone.

  1. Musik Rock

Musik ini awalnya berasal dari benua Amerika. Lirik lagunya cenderungekspresif, dengan beat yang keras, tempo cepat dan harmoni yang sangat rumit. Hal ini menyebabkan musik rock pada awalnya mendapatkan banyak kritik pedas.

  1. Musik Pop

Pengertian musik non tradisional satu ini adalah musik yang menggunakan peralatan modern atau bahkan alat musik elektronik yang memiliki syair yang pendek-pendek dan lirik yang isinya sesuai dengan kehidupan remaja. Alat musik yang biasa digunakan untuk musik ini adalah gitar melodi dan rhythm, drum, bass gitar, dan piano

Fungsi dari Musik Non Tradisional

  1. Sebagai implementasi dari perkembangan budaya, jaman dan teknologi
  2. Sebagai fenomena budaya yang telah mendapat pengaruh globalisasi
  3. Sebagai tindak lanjut dari perkembangan musik yang sebelumnya
  4. Sebagai hasil dari akulturasi penciptaan musik dengan bermacam kemajuan ilmu pengetahuan atau teknologi
  5. Sebagai sarana untuk mengekpresikan diri
  6. Sebagai sarana pertunjukan’
  7. Sebagai sarana komunikasi
  8. Sebagai sarana hiburan
  9. Sebagai suatu identitas diri dari suatu negara
  10. Sebagai sarana untuk menyalurkan hobi
  11. Sebagai sarana ekonomi atau untuk mencari nafkah

Nilai-Nilai yang ada di Musik Non Tradisional

Selain hal-hal di atas, musik non tradisional juga memiliki beberapa nilai-nilai di dalamnya. Inilah nilai-nilai tersebut:

  1. Nilai dari seni yang tinggi
  2. Nilai dari seni yang indah
  3. Nilai pendidikan
  4. Nilai komunikatif
  5. Nilai ekspresif

Berbagai Alat Musik Non Tradisional

  1. Biola

Alat musik ini termasuk alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biasanya musik non tradisional yang menggunakan alat musik ini adalah yang beraliran jazz, pop, dan klasik.

  1. Gitar

Alat musik modern satu ini banyak dijumpai dimana pun. Sudah banyak orang yang bisa memainkan alat musik yang cara memainkannya dipetik ini. Ada dua jenis dari gitar yaitu gitar elektrik dan akustik. Biasanya aliran musik yang menggunakan alat musik ini adalah pop, rock, jazz.

  1. Piano

Alat musik satu ini dimainkan dengan cara menekan tuts-nya dengan jari-jari tangan. Aliran musik yang biasanya memakai piano seperti pop, jazz, klasik, dan rock.

  1. Drum

Drum adalah alat musik yang cara memainkannya adalah dengan dipukul menggunakan pemukul khusus atau stik drum. Biasanya drum banyak digunakan untuk aliran musik seperti rock, pop dan jazz.

  1. Saksofon

Alat musik ini asalnya dari negara Belgia. Cara memainkannya dalah dengan ditiup dan sering digunakan untuk jenis aliran musik seperti jazz dan pop.

Nah, demikianlah pembahasan singkat tentang pengertian musik non tradisional dan hal-hal lainnya yang menyangkut. Diharapkan setelah membaca ini dapat lebih menambah pengetahuan kalian semua tentang musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *